Resep Ramadhan “Buah Kurma”






Resep Ramadhan 
“Buah Kurma”

Sumber_Gambar


Makanan yang tidak asing dan disunnahkan diBulan Suci Ramadhan adalah buah Kurma.  Buah Kurma merupakan jenis makanan yang memiliki khasiat luar biasa dalam menjaga kesehatan maupun untuk mengobati penyakit, buah kurma sejenis tumbuhan palma atau dikenal dalam bahasa saintifiknya sebagai Phonex Dectylifera yang berbuah dan bisa dimakan pada saat masak ataupun masih mentah. Pohon kurma kebanyakan tumbuh dinegara Arab dan kawasan tanah yang kering.

Sumber_Gambar

Khasiat buah kurma sudah terkenal sejak dulu yaitu saat zaman Nabi. Bahkan Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda “Jika salah seorang diantara kalian berpuasa, maka berbukalah dengan kurma sebab kurma itu berkah, jika tidak ada kurma, maka berbukalah dengan air karena air itu suci. (HR. Abu Daud & Tirmizi)”.
Berbagai penelitian yang telah dilakukan buah kurma terbukti mengandung kaya akan kandungan nutrisi dan vitamin. Kandungan dalam buah kurma, dalam sebutir kurma mengandung 23 kalori, sedangkan untuk setiap 100 gram kurma (8-10 butir kurma) mengandung : Karbohidrat 73,5 g ; Serat 7,5 g ; Gula 66 g ; Protein 2 g ; Lemak 0,45 g ; Calcium 32 mg ; Magnesium 35 mg ; Selenium 1,9 g ; Phosphorus 40 mg ; Potassium 652 mg ; selain itu kurma juga mengandung Vit.A, Vit.K, Vit.B6, B kompleks dan 20 jenis asam amino.

Sumber_Gambar

Kandungan mineral dan vitamin dalam buah kurma :
  1. Adanya vitamin A, B1, dan B2.
  2. Kalsium dan Fosfor, bermanfaat untuk memelihara kesehatan tulang dan gigi.
  3. Kalium dan Magnesium, berguna untuk menjaga fungsi otot jantung, memelihara keseimbangan tingkat asam basa cairan dalam tubuh dan transmisi saraf dan sintesis protein.
  4. Zat Besi, berfungsi untuk mengangkut serta mengedarkan oksigen dari paru-paru ke sel dan kembali membawa karbondioksida untuk dilepaskan di paru-paru.


Sumber_Gambar


Kebenaran khasiat buah kurma dalam merawat kondisi tubuh juga terbukti dalam surah Ar-Rahman ayat 11 yang memiliki arti : “Di Bumi ada buah-buahan dan ada pohon kurma yang memiliki kelopak mayang”.   
Khasiat buah kurma bagi Kesehatan Tubuh, meliputi :
  1. Mampu menenangkan sel saraf.
  2. Menetralisir zat asam pada perut.
  3. Menjaga kesehatan darah dalam tubuh.
  4. Menguatkan rahim seorang wanita.
  5. Mengurangi pendarahan wanita yang melahirkan, dan masih banyak manfaat lainnya.

Kurma Ajwa adalah jenis kurma yang hanya tumbuh ditanah Madinah (Saudi Arabia) dan ini merupakan kurma favorit Nabi Muhammad SAW, ciri-cirinya berwarna hitam, tekstur lembut, tidak terlalu manis namun rasanya hampir mirip dengan kismis. Jenis kurma ini memiliki manfaat yang spesial yaitu memberikan kemudahan dalam menjalani proses persalinan dan terhindar dari resiko pendarahan, karena dalam kurma mengandung banyak sekali nutrisi penting seperti zat besi, magnesium, kalsium dan masih banyak lagi, dan yang paling signifikan adalah memberikan sang Ibu kekuatan ketika proses persalinan. 


Sumber_Gambar




Dengan adanya informasi mengenai khasiat buah Kurma yang terbukti menyehatkan, silahkan Anda coba resep video-video berikut ini :



3 (tiga) Video Pendukung terkaitResep Ramadhan ‘Buah Kurma’:

Video_1 : Susu Kurma - Minuman #063




Judul Video_2 : Resep Cemilan Enak - Cokelat Kurma isi Keju




Video_3 : Jus Kurma - Minuman #067






* Ingin menggunakan cara video 1, 2, atau 3 ;    Selamat mencoba resep yang berbahan dasar buah kurma untuk berbuka Puasa...      d ^_^ b

* Semoga Bermanfaat...



Selamat Menunaikan Ibadah Puasa di Bulan Suci Ramadhan



Sumber Info :



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar: