Hari Pramuka




Hari Pramuka

Sumber_Gambar

Pramuka (Praja Muda Karana = Jiwa Muda yang Suka Berkarya) merupakan sebutan bagi anggota Gerakan Pramuka, yang meliputi :
1.      Pramuka Siaga (7 s/d 10 tahun),
2.      Pramuka Penggalang (11 s/d 15 tahun),
3.      Pramuka Penegak (16 s/d 20 tahun) dan,
4.      Pramuka Pendega (21 s/d 25 tahun).
5.      Kelompok anggota yang lainnya meliputi : Pembina Pramuka, Andalan Pramuka, Korps Pelatih Pramuka, Pamong Saka Pramuka, Staf Kwartir dan Majelis Pembimbing.

Hari Pramuka diperingati setiap 14 Agustus, hal ini dikarenakan Gerakan Pramuka secara resmi diperkenalkan kepada seluruh rakyat Indonesia pada tanggal 14 Agustus 1961.


Sumber_Gambar

Adapun tujuan dari Gerakan Pramuka untuk membentuk setiap Pramuka :
  1. Memiliki kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa, berkecakapan hidup, sehat jasmani dan rohani.
  2. Menjadi warga negara yang berjiwa Pancasila, setia dan patuh kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia serta menjadi anggota masyarakat yang baik dan berguna, yang dapat membangun dirinya sendiri secara mandiri serta bersama-sama bertanggung-jawab atas pembangunan bangsa dan negara.
  3. Memiliki kepedulian terhadap sesama hidup dan alam lingkungan.

Prinsip-prinsip Dasar Gerakan Pramuka, meliputi :
  1. Iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Peduli terhadap bangsa, dan tanah air, sesama hidup, dan alam seisinya.
  3. Peduli terhadap dirinya pribadi.
  4. Taat kepada Kode Kehormatan Pramuka.

Metode-metode Kepramukaan, meliputi :
1.      Pengamalan Kode Kehormatan Pramuka.
2.      Belajar sambil melakukan.
3.      Kegiatan berkelompok, bekerja sama, dan berkompetisi.
4.      Kegiatan yang menarik, dan menantang.
5.      Kegiatan di alam terbuka.
6.      Kehadiran orang dewasa yang memberikan bimbingan, dorongan, dan dukungan.
7.      Penghargaan berupa tanda kecakapan.
8.      Satuan terpisah antara putra, dan putri.


Makna Lambang Pramuka :

Lambang Gerakan Pramuka adalah tanda pengenal tetap yang mengkiaskan sifat, keadaan, nilai dan norma yang dimiliki oleh setiap anggota Gerakan Pramuka yang dicitacitakan oleh gerakan Pramuka. Lambang tersebut diciptakan oleh Almarhum Bapak Soenardjo Atmodipuro, seorang Pembina Pramuka yang aktif bekerja sebagai pegawai tinggi Departemen Pertanian. Lambang Gerakan Pramuka ini digunakan sejak tanggal 14 Agustus 1961, pada panji Gerakan Pendidikan Kepanduan Nasional Indonesia yang dianugerahkan kepada Gerakan Pramuka.

Kepramukaan adalah proses pendidikan di luar lingkungan sekolah dan di luar lingkungan keluarga dalam bentuk kegiatan menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah, praktis yang dilakukan di alam terbuka dengan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan yang sasaran akhirnya pembentukan watak, akhlak, dan budi pekerti luhur. Kepramukaan merupakan sistem pendidikan kepanduan yang disesuaikan dengan keadaan, kepentingan, dan perkembangan masyarakat, dan bangsa Indonesia.
Jika mempelajari sejarah pendidikan kepramukaan maka tidak lepas dari riwayat hidup pendiri gerakan kepramukaan sedunia “Lord Robert Baden Powell of Gilwell”. Hal ini dikarenakan pengalaman beliaulah yang mendasari pembinaan remaja di negara Inggris. Pembinaan remaja inilah yang kemudian tumbuh berkembang menjadi gerakan kepramukaan.

Sumber_Gambar



1 (satu) Video Pendukung terkait "Hari Pramuka" :
Judul Video : Lord Robert Baden-Powell of Gilwell




* Semoga Bermanfaat...



Sumber Info :


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar: