Teknik 10 Jari dan Letter Chase





Teknik 10 Jari dan Letter Chase


Zaman sekarang yang semakin maju teknologi membuat teknik mengetik 10 Jari menjadi sangat penting untuk dipelajari tentu saja kegiatan-kegiatan yang terkait dengan pemanfaatan teknologi tidak dapat dipisahkan dari kegiatan tulis menulis dan salah satu aplikasi yang dapat membantu dalam mempelajari pengetikan 10 jari adalah "Letter Chase" jika ingin download aplikasi tersebut silahkan Klik diSini dan Serial Numbernya, yuukkss..simak tekniknya :



MANFAAT MEMILIKI SKILL MENGETIK 10 JARI
1.      Mampu mengerjakan proses penulisan dokumen dengan lebih cepat
2.      Mampu menyelesaikan pekerjaan administrasi penulisan lebih banyak, karena prosesnya dapat dikerjakan dengan lebih cepat
3.      Meminimalisir kesalahan saat proses pengetikan
4.      Memiliki ketahanan menulis yang jauh lebih baik disebabkan proses menulis yang lebih sehat 
(sikap badan dan fokus mata menjadi lebih baik)


POSISI JARI TANGAN PADA KEYBOARD
Langkah awal teknik mengetik 10 jari adalah penempatan ke-10 jari kiri dan kanan kita pada papan keyboard, ketika akan memulai proses mengetik seperti gambar di bawah ini.




Pada setiap keyboard, tepatnya pada tombol huruf F dan J terdapat benjolan seperti gambar di bawah ini. Tombol inilah yang dijadikan acuan penempatan jari telunjuk kita untuk kemudian diikuti dengan posisi jari-jari yang lain.



Setelah mengetahui posisi awal seperti di atas, berikutnya adalah pembagian tugas dari masing-masing jari tangan terhadap setiap tombol pada keyboard.


1. Tugas Jari Tangan Bagian Kanan

— Jari Telunjuk menekan huruf Y, U, H, J, N, M dan Angka 6,7
— Jari Tengah menekan huruf I, K,tanda koma dan Angka 8
— Jari Manis menekan huruf L, O tanda titik dan angka 9
— Jari Kelingking menekan huruf P, tanda titik koma dan tanda slash dan semua tombol sebelah kanan
— Ibu jari atau Jempol untuk menekan tombol Space dan Alt


2. Tugas Jari Tangan Bagian Kiri

— Jari Kelingking menekan huruf A, Q, Z, Angka 1 dan tombol Shift, Tab, CapsLock dan semua tombol sebelah kiri (warna orange) kecuali tombol Alt
— Jari Manis menekan huruf W, S, X dan Angka 2
— Jari Tengah  menekan huruf Huruf E, D, C dan Angka 3
— Jari Telunjuk menekan huruf R, F, V, T, G, B dan Angka 4, 5
— Ibu jari atau Jempol untuk menekan tombol Space dan Alt




Supaya lebih JELAS simak gambar berikut ini :
Areal tugas dari masing-masing jari ditandai dengan warna yang sama antara jari dan tombol di  keyboard




CARA LATIHAN MENGETIK 10 JARI
Ø  Hafalkanlah setiap tugas dan posisi jari-jari tangan kanan kita pada papan keyboard seperti di atas.
Ø  Mulailah dengan mengetikkan satu persatu huruf pada keyboard secara acak, sambil menghafalkan letak dan posisi huruf pada ke sepuluh jari kita.
Ø  Lakukan setahap demi setahap hingga menjadi lancar. Pada awalnya pasti akan sangat lambat, akan tetapi jangan putus asa, nikmati saja prosesnya. Lakukan secara rutin hingga berkali-kali. Bila sudah terasa bosan dan lelah segera hentikan, untuk dilanjutkan di waktu lain. Tetapi pastikan anda melakukan latihan pembiasaan ini secara rutin dan terus menerus agar jari-jari anda menjadi terbiasa dan tidak kaku. Repetisi/pengulangan latihan secara kontinu akan membuat kita menjadi hafal dengan sendirinya hingga bisa menjadi reflek nantinya.

Bila sudah terbiasa dengan posisi huruf pada jari-jari kita, sahabat sekalian dapat mulai untuk mengetikkan rangkaian kata-kata seperti di bawah ini :
Kalimat ini dibuat untuk latihan menggunakan teknik mengetik 10 jari
Latihlah berulangkali agar menjadi terbiasa dan tidak kaku dengan sepuluh jari kita
Ketikkan rangkaian kalimat diatas berulangkali untuk membiasakan jari-jari Anda, agar tetap terbiasa dengan posisi dan fungsi dari masing-masing jari, serta tidak merasa kaku lagi. Jangan takut terjadi kesalahan saat mengetikkan kalimat tersebut. Biarkan saja dan lakukan pengulangan kembali. Semakin sering Anda berlatih, maka akan semakin minim kesalahan dan semakin cepat serta terbiasa menggunakan ke-10 jari Anda untuk mengetikkan setiap huruf yang ada pada keyboard.
Untuk membantu proses latihan mengetik 10 jari, sahabat dapat menggunakan aplikasi-aplikasi yang tersedia secara online di internet, baik gratis maupun berbayar.



Judul Video : Cara Mengetik 10 jari dengan cepat Tutorial Panduan Lengkap





* Semoga Bermanfaat...



Sumber Info :
https://pondokislami.com/belajar-cara-dan-teknik-mengetik-10-jari-tanpa-melihat-keyboard.html



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar: